Senin, 14 November 2011

PENGANTAR


Halo semuanya...

Saya ingin memperkenalkan blog baru saya yang bertajuk “Adversity Response for Childrens ”. Blog ini berisikan berbagai hal tentang anak usia dini, mulai dari permasalahan, pengetahuan dasar maupun berbagai pengalaman yang berkaitan dengan dunia anak usia dini.

Saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan banyak orang, terutama orangtua, pemerhati anak, para praktisi di bidang pendidikan anak usia maupun para profesional di bidang anak usia dini.
Dunia anak usia dini adalah dunia yang menarik dan belum banyak dipahami oleh orang dewasa, meskipun setiap orang dewasa pasti pernah menjadi anak usia dini, dengan beragam pengalaman masa kecil, mulai dari yang paling menyenangkan hingga yang paling menjengkelkan.

Usia dini merupakan usia emas (golden period). Pada usia inilah diletakkan dan dibangun dasar-dasar kehidupannya kelak. Seluruh aspek fisik dan psikisnya dikuatkan, hingga diharapkan kelak menjadi manusia dewasa yang paripurna, memahami dunia dan berguna bagi masyarakat.
Untuk menjadi pribadi dewasa yang paripurna, anak perlu diasuh dengan pola yang tepat. Pola asuh yang tepat berkaitan dengan stimulasi fisik dan psikis yang tepat, dan berkaitan dengan pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak, kesehatan, gizi, dan pendidikan.

Salah satu aspek yang perlu dibangun sejak dini adalah ketangguhan. Ketangguhan inilah yang saya sebut sebagai adversity response (kemampuan menghadapi kesulitan). Anak yang memiliki adversity response baik, cenderung memiliki kesehatan fisik dan psikis yang baik. Anak yang demikian dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Anak yang tumbuh dan berkembang secara optimal diharapkan dapat beradaptasi dengan baik, memiliki karakter bangsa yang luhur, sehingga menjadi generasi yang mampu membawa nama bangsa ke percaturan internasional dan menjadi bangsa yang besar, yang diperhitungkan oleh dunia global.  Inilah harapan kita semua.

Hal-hal inilah yang akan banyak juga dibahas dalam blog ini.
Mudah-mudahan blog ini memberikan manfaat dan berbagai informasi penting seputar pertumbuhan, perkembangan dan kelangsungan hidup anak. (Salam, Ayu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar