Senin, 14 November 2011

MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK



Pagi itu anak-anak sedang berada dalam suasana bermain di dalam kelas. Semua anak asyik dengan permainannya masing-masing. Akan tetapi, ada hal yang menarik pada satu anak perempuan, Ani, yang berusia sekitar 4 tahun. Dia berlari keluar kelas. Saya mencoba mencari tahu kemana dia pergi. Ternyata dia menuju ke rak sepatu dan mengambil kaos kaki. Setelah itu, dia duduk di depan pintu dan memanggil seorang temannya yang berada di dalam kelas.

Temannya juga perempuan, dan berusia sekitar 5 tahun. Temannya kemudian menghampirinya. Anak tersebut meminta temannya untuk memakaikan kaos kaki, dan ternyata mau. Dia berusaha memasukkan kaos kaki ke kaki Ani. Saya kemudian menghampirinya, dan bertanya, “Ani mau memakai kaos kaki?” Ani pun menjawab singkat, “Ya, bunda?” Saya kemudian berkata lagi, “Ani bisa memakai kaos kaki sendiri, kan?” Ani menggeleng sambil berkata’ “Tidak bisa, Bunda?” “Kamu pasti bisa”, saya berkata lagi. Dia menggeleng lagi. “Kamu pasti bisa. Ayo kita coba bersama”. Dia kemudian menggangguk, dan mencoba mengenakan sendiri. Temannya kemudian menjauh.

Luar biasa, ternyata dalam beberapa menit Ani bisa mengenakan kaos kaki dan SEMPURNA. Saya mengacungkan jempol, dan berkata, “Luar biasa upaya yang sudah kamu lakukan. Bunda betul-betul bangga”. Ternyata, memandirikan anak tidak terlalu sulit, dan bisa dimulai dari hal-hal kecil yang sederhana.

Pandanglah aku,
Percayailah aku,
Dukunglah aku,
Maka aku pasti bisa,
Bahkan melakukan hal-hal yang paling sulit sekalipun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar