Rabu, 29 Februari 2012

KARENA KITA ADALAH BANGSA INDONESIA....


Karena kita bangsa Indonesia, maka kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang kaya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki nilai-nilai religius tinggi serta akhlak mulia, yang tercermin dari pola pikir, pola tindakan dan pola bahasa atau tutur kata.

Bangsa yang kaya adalah bangsa yang mandiri, sanggup hidup di atas kemampuannya sendiri, dan bahkan memberikan warna yang indah dalam percaturan dunia. Dengan demikian, diharapkan kita mampu mencetak anak-anak bangsa yang selalu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur.

Kita diharapkan melahirkan generasi yang memiliki kekayaan hati,  rasa empati, dan memaafkan yang tinggi, sehingga mampu mencegah timbulnya tindakan yang merugikan, baik bagi diri sendiri, masyarakat, maupun bangsa dan negara.

Karena kita adalah bangsa Indonesia, maka kita adalah bangsa yang merdeka, sehingga diharapkan akan melahirkan anak-anak yang merdeka. Merdeka dari kekerasan (fisik, verbal maupun emosi), merdeka dari keterbelakangan, merdeka untuk menuntut ilmu, merdeka untuk tampil mandiri dan disiplin, merdeka untuk bermain, bereksplorasi dan berpikir.

Karena kita adalah bangsa Indonesia, maka kita adalah bangsa yang menjunjung tinggi kesantunan, sehingga anak-anak yang memiliki kesantunanlah yang ingin kita tumbuhkan. Anak-anak yang dapat menghargai dirinya, orang lain, masyarakat dan lingkungannya. Anak-anak yang akan selalu menghormati pendapat orang lain dan  menghargai hasil karya orang lain.

Karena kita adalah bangsa Indonesia, maka kitalah yang bertanggung jawab untuk menjaga dan menguatkan jati diri bangsa.

Sudahkah kita berperilaku sebagai bangsa Indonesia yang berakhlak mulia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar