Selasa, 11 Februari 2020

Kegiatan Bermain yang Menyenangkan_Bagian 3


Bagaimana suasana pembelajaran yang diciptakan?
Suasana pembelajaran hendaknya:
a.    Menyenangkan, yaitu terdapat interaksi positif antara anak dengan orang dewasa
b.   Komunikatif, yaitu ada hubungan 2 arah yang saling memahami
c.    Saling menghargai, sehingga tumbuh rasa percaya diri pada anak

Hal-hal apa sajakah yang dapat dilakukan oleh guru selanjutnya?
1.       Identifikasi kegiatan main yang diminati anak, dengan cara :
a.      Mengamati aktivitas yang banyak dilakukan oleh anak saat bermain
b.     Menelaah tokoh-tokoh yang banyak diminati atau disukai anak
c.      Mengajak anak mengobrol tentang minatnya
d.     Menanyakan kepada anak tentang tontonan yang banyak dilihat
2.       Menyiapkan alat dan bahan yang tepat
Oleh karena itu, pendidik dapat :
a.      Mengidentifikasi daya dukung yang ada di lingkungan, yang dapat dimanfaatkan sebagai alat dan bahan main, maupun lokasi yang dapat digunakan untuk bermain. Daya dukung tersebut dapat berupa bahan alam, barang bekas, barang gagal produksi, lapangan, sawah, sungai, halaman, kebun, balai RT/RW, museum, dan sebagainya.
b.  Bekerjasama dengan orang tua ataupun masyarakat, untuk mengumpulkan alat dan bahan main yang ada di rumah tangga mapun di lingkungan sekitar
3.       Melakukan penataan lingkungan main
Lingkungan main hendaknya ditata sedemikian rupa, sehingga tampak :
a.      Rapi
b.     Teratur
c.      Indah
d.     Bersih
e.      Aman
f.       Nyaman
g.      Sehat
h.    Alat dan bahan main mudah dijangkau (dapat diambil dan diletakkan kembali) oleh anak secara mandiri
i.       Alat dan bahan main diklasifikasikan
j.       Dapat mengantarkan anak menuju pada pra keaksaraan
k.     Mendukung perkembangan anak secara optimal
l.  Mendukung kemampuan kemandirian, sosialisasi, kerjasama, komunikasi, berpikir tingkat tinggi
4.       Berinteraksi dengan anak pada saat main
Interaksi positif antara pendidik dan anak merupakan bagian yang sangat penting, mengingat dalam interaksi tersebut, pendidik dapat :
a.      Memberikan inspirasi kepada anak
b.     Memperluas ide atau gagasan anak
c.      Memperkuat bahasa anak
d.     Memberikan makna terhadap kegiatan yang dilakukan anak
e.      Memotivasi
f.       Memberikan penghargaan
5.       Melakukan pengamatan perkembangan anak
Pengamatan perkembangan anak merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh pendidik untuk mengetahui :
a.      Capaian perkembangan anak
b.     Gangguan atau permasalahan dalam perkembangan anak
c.   Dukungan yang dapat diberikan oleh pendidik secara tepat, baik sebelum, pada saat maupun setelah selesai kegiatan main
d.     Kemungkinan adanya anak yang berkebutuhan khusus
6.       Melakukan pencatatan, pengolahan dan pelaporan perkembangan anak


Surabaya, 12022020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar